Kenali 5 Hal dan Penyebab Memar Pada Tubuh

Kenali 5 Hal dan Penyebab Memar Pada Tubuh – Memar atau dikenal dengan bengkak biasanya terjadi pada kaki, paha, tangan dan anggota tubuh lainnya. Memar ini disebabkan karena benturan keras pada tubuh yang mengakibatkan penumpukan darah atau pengumpalan darah sehingga terjadi memar.

Bukan hanya itu, memar ini juga bisa disebabkan tersandung benda atau tumbuhan, dan juga terjadi jatuh ketika sedang tidur. Memang banyak sekali, yang tidak mengetahui memar ini bisa terjadi pada tubuh. Namun, ada beberapa pemicuh memar itu muncul pada umumnya diantara yaitu :

  1. Kekurangan vitamin

Vitamin memang sangat berperan penting dalam tubuh seperti membantu meningkatkan aliran darah, membuat darah, menutup luka dan juga menyembuhkan luka. Namun, dengan kekurangan vitamin tersebut dalam jumlah relatif sedikit akan mengakibatkan munculnya beberapa gejala apapun dalam tubuh. terutamanya kandaungan vitamin B12, jika kekurangan kandungan ini akan mengakibatkan pemicu utama memar yang akan terlihat di tubuh anda.

Bukan hanya vitamin itu saja, kandungan vitamin K juga memiliki manfata besar untuk membeku darah. Jika kekurangan vitamin ini akan mengakibatkan pembuluh darah bosor dan tampak memar pada permukaan kulit. Selain itu, kekurangan vitamin C ini akan membuat melemahnya pembuluh darah dan membuat memar.

  1. Kulit mengalami penuaan

Kulit yang telah mengalami penuaan yang jelas, tipis, lebih bening dan juga pucat karena mengalami perubahan pada permukaan lapisan kulit bagian atas atau disebut dengan dermis, bisa dapat menyebabkan memar pada permukaan kulit.  Pembuluh darah ini yang sudah rapuh atau terkikis seiring pertambahan usia akan sangat lebih rentan mengalami memar di bandingkan dengan lainnya. Dalam mengatasi masalah ini, sebenarnya tidak dapat bisa dilakukan pengobatan melainkan hanya dengan pencegahan dengan cara menghindari terkena paparan sinar matahari secara langsung.

  1. Mempunyai penyakit tertentu

Penyakit tertentu yang diderita akan juga memicuh timbulnya memar pada tubuh, terutamanya penyakit Von Willebrand yang memiliki gejala awal memar yang diikuti dengan masalah pada pembuluh darah seperti perdarahan pascaoperasi maupun menstruasi berlebihan.  Penyakit ini muncul karena kekurangan protein tertentu dalam proses pembekuan darah, biasanya penyakit ini banyak diderita berdasarkan faktor keturunan.

  1. Olahraga berlebihan

Olahraga memang sangat menyehatkan kesehatan tubuh, namun tidak dengan berlebihan yang akan mengakibatkan timbulnya memar pada tubuh. hal ini dikarenakan tekanan yang berlebihan yang akan mengakibatkan pembuluh darah mengencang dan robek, sehingga akan memunculkan memar pada bagian perototan.

  1. Masalah Trombositopenia

Penyakit ini banyak sekali dialami masyarakat, seperti gangguan pada pembekuan darah yang dapat menyebabkan jumlah platelet darah menurun. Platelet ini berperan untuk pengumpalan dan penghentian darah yang diakibatkan luka pada tubuh. Dengan kelebihan platelet ini juga akan mengakibatkan pengumpalan darah yang akan mengakibatkan memar. Namun, perlu di ketahui trombositopenia ini akan muncul pada kondisi tertentu seperti masa kehamilan, gangguan sistem imun, atau leukimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *