Cara Memotong Poni Rambut Panjang di Rumah

Cara Memotong Poni Rambut Panjang di Rumah – Gaya rambut panjang berponi merupakan salah satu model rambut yang disukai oleh berbagai kalangan wanita, mulai dari anak-anak, remaja termasuk orang dewasa.

Adanya poni membuat penampilan menjadi lebih segar dan wajah terlihat lebih muda sehingga siapapun sengaja memotong poninya untuk menciptakan kesan muda yang diinginkan. Bagi Anda yang ingin memotong poni rambut panjang dan mendapatkan penampilan yang segar, kini Anda tak perlu merogoh kocek untuk pergi ke salon karena hal tersebut bisa dilakukan di rumah.

Memotong poni rambut panjang di rumah pada dasarnya mudah dan bisa dilakukan di sela kesibukan. Namun dibutuhkan ketelitian dalam melakukannya supaya potongan poni yang dihasilkan terlihat sempurna. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara memotong poni rambut panjang yang bisa dilakukan sendiri ri rumah, yaitu:

1. Basahi rambut sebelum dipotong.

Sebelum memotong bagian poni rambut Anda, sebaiknya cucilah rambut dengan sampo terlebih dahulu agar pada saat dipotong nanti, kondisi rambut dalam keadaan lumayan basah. Kenapa? Karena memotong rambut dalam keadaan lepek dengan kulit kepala berminyak dapat mempengaruhi hasil potongan rambut akibat adanya kotoran yang melekat di kulit kepala dan juga bagian rambut Anda.

Namun beberapa penata rambut yang profesional menyarankan agar proses pemotongan poni dilakukan pada saat rambut dalam kondisi kering dan dibersihkan sesudahnya. Dengan alasan mencegah hasil akhir potongan yang lebih pendek dari yang diharapkan.

Sebab pada prinsipnya, rambut akan menyusut pada kondisi kering sehingga panjang poni yang tepat akan mudah didapat jika pemotongan poni dilakukan ketika rambut kering. Dalam hal ini, Anda bisa memilih cara mana yang lebih baik dan cocok untuk dijalani.

2. Pisahkan bagian rambut.

Sebelum menggunting rambut menjadi poni, pisahkanlah antara bagian rambut yang akan dipotong dengan bagian yang lain. Pastikan bagian rambut yang ada di depan wajah adalah bagian yang ingin dijadikan poni. Pisahkan helaian rambut yang lain ke belakang memakai sisir, lalu ikat dan jepit dengan rapi agar tidak ikut terpotong bersama poni. Dengan begitu, hasil potongan akan terlihat profesional dan juga rapi.

3. Gunakan cermin dan sisir yang pipih.

Cermin merupakan alat bantu yang sangat penting pada saat memotong poni. Tentu saja tujuannya supaya panjang poni yang akan dipotong terlihat jelas dan lurus tidaknya hasil potongan poni bisa diperkirakan dengan tepat. Selain itu, sisir yang pipih juga tidak kalah penting karena dapat membantu mengukur panjang poni yang diinginkan.

Poni yang lurus juga akan semakin akurat jika sisir pipih Anda gunakan dengan benar. Kuncinya yaitu jagalah posisi sisir dan jangan biarkan ia berubah sehingga potongan poni yang Anda hasilkan tidak miring atau terlalu pendek dan jauh dari perkiraan.

4. Pakai gunting khusus rambut 

Gunting terdiri dari berbagai macam jenisnya, mulai dari gunting kertas hingga gunting rumput didesain dengan fungsi yang berbeda. Dalam memotong rambut, gunakanlah gunting rambut khusus yang memang didesain untuk memotong rambut Anda. Kinerja gunting rambut pasti akan berbeda dengan gunting biasa pada umumnya karena memiliki mata pisau yang lebih tajam.

Namun jika di rumah tidak ada gunting rambut, Anda bisa memakai gunting biasa yang super tajam supaya tidak terjadi pengulangan ketika proses pemotongan poni dilakukan untuk menghindari poni yang miring dan juga tidak beraturan.

Itulah cara memotong poni rambut panjang di rumah. Dengan menggunting rambut secara tepat, maka poni yang dihasilkan akan terlihat sempurna.

Baca Juga : Beberapa Pakan Sapi Modern Untuk Penggemukan Sapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *