Beberapa Pakan Sapi Modern Untuk Penggemukan Sapi

Beberapa Pakan Sapi Modern Untuk Penggemukan Sapi  – Seperti yang diketahui bahwa sapi dan juga kerbau merupakan hewan yang banyak dikonsumsi dan diperlihara di Indonesia. Berdasarkan analisis sederhana pada tahun 2011 bahwa produksi dalam negeri banyak untuk daging sapi yang dikonsumsi masyarakat. Tentu saja hal ini membuat banyak ternak sapi berkualitas dibutuhkan di Indonesia

Selain dari kualitas ada juga cara untuk meningkatkan sapi modern dengan sistem pengemukan agar bisa dikatakan berkualitas dan juga memiliki daging yang bisa dibilang premium. Dengan begitu ada cara untuk menggemukan badan salah satunya dengan memberikan pakan yang baik dan juga bergizi. Penggemukan sapi juga bertujuan untuk memberikan pakan yang baik bukan yang banyak demi menghasilkan daging yang kualitas super.

Adapun jenis pakan untuk program penggemukan adalah :

Pakan penguat

Pakan penguat merupakan konsentrat yang diberikan oleh para peternak. Pakan ini menggunakan camburan beberapa hijauan saja yang berguna untuk meningkatkan gizi pada sapi. Penguat ini bisa dibuat dari ampas tahu, ampas kacang dan lain-lain.

Pakan hijauan

Pakan hijauan tentunya merupakan pakan wajib untuk menggemukan sapi-sapi agar berkualitas. Dedaunan yang mengandung nutrisi dan juga tidak sembarang menyebabkan daging sapi berkualitas.

Ada beberapa strata yang bisa dicampurkan dalam pakan hijauan seperti rumput potong atau rumput gajah dan jenis lainnya, tanaman pangan atau horti seperti timun, sawi dan lainnya dan terakhir pakan yang bersifat berat dan juga berkhasiat seperti gamal, sengon, lamtoro dan lainnya. Tanaman ini dapat digunakan untuk pagar kebun dan juga bagian pelindung kandang sebelum anda potong dan babat untuk pakan.

Pemberian pakan sapi untuk menaikan bobotnya, sehingga anda harus tahu kapan saatnya memberikan makanan agar sapi tetap sehat dan tidak salah dalam pemberian pakan. Sehari anda dapat memberikannya sebanyak 3 kali seperti pukul 8 pagi, 12 atau 1 siang dan 5 sore saja. Sedangkan pakan konsentrat diberikan pagi hari saja sebelum pemberian pakan hijauan hal ini akan menjaga buffer atau asam yang ada pada lambung sapi, mengingat sapi memiliki pencernaan yang berbeda dengan manusia.

Baca Juga : Cara mendapatkan uang melalui google plus melalui internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *